Kamis, 22 Oktober 2015

Membuat Lirik Lagu



Kualitas dari sebuah lirik lagu memang tidak ada parameter khusus, akan tetapi lirik lagu yang berkualitas adalah yang maknanya dapat tersampaikan kepada penikmat lagu tersebut. Jenis-jenis lirik lagu ada beberapa macam, ada yang berupa curahan hati, cita-cita, menceritakan kejadian, sindiran, dan lain-lain. Saya pribadi lebih sering dan lebih suka membuat lirik lagu yang menceritakan sebuah kejadian, akan tetapi menceritakan sebuah kejadian tidaklah mudah, sebisa mungkin tidak ada kesalahan dalam lirik yang kita buat, karena lirik yang kita buat merupakan peristiwa yang realistis dan sebagian orang tahu akan kejadian itu. Pada tulisan kali ini saya akan berbagi beberapa cara atau teknik tentang bagaimana membuat lirik lagu yang berkualitas. Berikut adalah langkah-langkah membuat lirik lagu yang berkualitas menurut sudut pandang saya:
1.      Menentukan jenis lirik
Tahap yang paling awal adalah menentukan jenis lirik. Pada tahap ini sebenarnya tergantung pada mood masing-masing individu. Saya contohkan, saya sedang ingin menceritakan sebuah kejadian.
2.      Menentukan tema
Jika jenis liriknya menceritakan sebuah kejadian, maka tema yang ditentukan adalah “kejadian yang seperti apa?” dan “peristiwa apa?” yang akan diangkat. Saya contohkan, saya akan menceritakan kejadian tentang masa penjajahan Indonesia, dan saya akan mengangkat peristiwa jatuhnya kejayaan VOC.
3.      Membuat isi lirik
Pada tahap ini sebenarnya tergantung kreatifitas masing-masing individu, tapi saya pribadi lebih suka menggunakan kata-kata perumpamaan dan kata-kata asing yang belum banyak orang tahu, karena itu akan menimbulkan rasa penasaran bagi orang lain, secara tidak langsung orang lain akan ingin tahu lebih dalam tentang karya yang saya buat. Lirik lagu sebaiknya mempunyai pola A-A-B-B atau A-B-A-B karena akan lebih enak didengar jika dinyanyikan nanti, tetapi jika tidak ingin yang mainstream bisa menggunakan pola lain. Pada lirik yang menjadi inti lirik sebisa mungkin dijadikan reff lagu.
4.      Menentukan judul
Saya pribadi lebih sering menentukan judul setelah membuat lirik, karena dari lirik itu kita dapat dengan mudah mencari judul yang tepat untuk lirik lagu tersebut. Dalam menentukan judul saya jarang sekali menggunakan kata-kata yang terdapat pada lirik. Referensi saya dalam menentukan judul seperti lagu “sunset di tanah anarki” karya SID, “diatas normal” karya peterpan, “about a girl” karya kurt cobain, “LDR” dinyanyikan raisa, dan masih banyak lagi.

Mungkin cara-cara diatas bukanlah cara yang paling benar, melainkan cara membuat lirik lagu menurut pandangan saya. Bisa saja menjadi referensi bagi pembaca yang ingin mencoba membuat lirik lagu, akan tetapi semua tergantung kreatifitas masing-masing individu, karena dalam berkarya itu tidak ada batasnya.
Berikut adalah contoh lirik lagu yang saya ciptakan:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar