Rabu, 16 Oktober 2013

Sistem Keluarga Berencana



Mata Kuliah Ilmu Sosial Dasar
Sistem Keluarga Berencana



 






Disusun Oleh:
Nama   : Faddilah Ridwan Fiqih
Kelas   : 2ID08
NPM   : 32412608



JURUSAN TEKNIK INDUSTRI
FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI
UNIVERSITAS GUNADARMA
BEKASI
2013


Keluarga Berencana
Program Keluarga Berencana (KB) merupakan salah satu usaha penanggulangan masalah kependudukan. Program Keluarga Berencana adalah bagian yang terpadu (integral) dalam program pembangunan Nasional dan bertujuan untuk turut serta menciptakan kesejahteraan ekonomi, spiritual, dan sosial budaya penduduk Indonesia, agar dapat dicapai keseimbangan yang baik dengan kemampuan produksi nasional. Dengan Program Keluarga Berencana Nasional saat ini baru dilakukan salah satu saja dari usaha keluarga berencana, yakni penjarangan kehamilan dengan pemberian alat kontrasepsi.
Program keluarga berencana telah dikembangkan sebagai salah satu program nasional sejak Repelita I. Dalam Repelita yang kedua, program ini sebagai salah satu usaha penting pembangunan akan ditingkatkan pelaksanaannya. Program tersebut merupakan bagian utama daripada kebijaksanaan kependudukan yang menyeluruh.
Masalah kependudukan di Indonesia adalah terutama me­nyangkut pertumbuhan penduduk yang cepat. Diperkirakan dalam masa Repelita II jumlah penduduk bertambah 2,3-2,4% setahun. Masalah kedua adalah peningkatan pertumbuhan penduduk tersebut  secara relatif lebih besar terdapat di kalang­an penduduk yang berusia 10-19 tahun.
Dua masalah ini memberikan  akibat meningkatnya  kebutuhan hidup untuk melayani perkembangan jumlah penduduk tersebut. Kebutuhan ini meliputi misalnya kebutuhan konsumsi untuk makan, perumahan, fasilitas kesehatan, pen­didikan, pelayanan sosial dan sebagainya. Dengan adanya peningkatan jumlah penduduk berusia muda juga timbul kebutuhan yang lebih besar akan fasilitas pendidikan. Demikian pula struktur umur penduduk yang cendrung muda mengaki­batkan proporsi penduduk yang secara langsung ikut di dalam proses produksi adalah relatif kecil dibanding dengan penduduk yang tidak mengalami tingkat pertumbuhan yang tinggi.
Dengan demikian kelompok penduduk yang berusia produktif barns memikul beban yang relatif lebih berat untuk melayani kebutuhan penduduk yang belum termasuk usia kerja. Struktur umur penduduk  juga mengakibatkan meningkatnya dari tahun ke tahun jumlah penduduk yang memasukii usia kerja, sehingga menimbulkan  masalah   kebutuhan  penyediaan  lapangan  kerja.

ANALISIS
Peran Keluarga Berencana sangat penting, hal ini bukan saja dilihat dari segi bahwa KB dapat menekan laju peningkatan penduduk, tetapi KB juga berperan untuk menurunkan angka kematian ibu dan bayi. Perkembangan laju peningkatan penduduk di Indonesia dewasa ini kurang menggembirakan. Demikian pula halnya di masa yang akan dating. Tanpa adanya usaha-usaha pencegahan pencegahan perkembangan laju peningkatan penduduk yang pesat, usaha-usaha di bidang pembangunan ekonomi dan sosial yang telah dilaksanakan dengan maksimal akan tidak bermanfaat.

Apakah penerapan sistem Keluarga Berencana sudah berhasil dalam pelaksanaannya?
Menurut saya, penerapan sistem Keluarga Berencana di Indonesia belum berhasil, karena masih banyak masyarakat yang belum mengerti tentang tujuan dari Keluarga Berencana itu dan masih banyak masyarakat yang mengindahkan program tersebut, karena sebagian masyarakat Indonesia mempunyai pemikiran yaitu “Banyak anak, Banyak rezeki”. Keinginan mempunyai anak yang banyak merupakan kendala yang dihadapi dalam terlaksananya program Keluarga Berencana.

Kesimpulan
Program Keluarga Berencana adalah program pemerintah Indonesia untuk mengurangi peningkatan penduduk, untuk terlaksananya program tersebut dibutuhkan penyuluhan yang baik ke setiap sudut negeri agar semua masyarakat tahu betapa pentingnya program Keluarga Berencana. Jika program tersebut dapat berjalan dengan baik, maka masyarakat Indonesia akan mencapai kesejahteraan.


Referensi:
http://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=9&cad=rja&ved=0CGcQFjAI&url=http%3A%2F%2Fwww.bappenas.go.id%2Findex.php%2Fdownload_file%2Fview%2F8505%2F1714%2F&ei=gr9eUrrTMY_krAeoloGYBg&usg=AFQjCNEAIhl4MDGDNfkr5fqgN606dSFhbg&bvm=bv.54176721,d.bmk

Tidak ada komentar:

Posting Komentar