Rabu, 09 Oktober 2013

Ilmu Sosial Dasar



ILMU SOSIAL DASAR








Disusun Oleh:
Nama   : Faddilah Ridwan Fiqih
Kelas   : 2ID08
NPM   : 32412608










Program Sarjana Teknik Industri
UNIVERSITAS GUNADARMA
Kata Pengantar
Puji syukur saya panjatkan kepada Allah SWT Yang telah memberikan rahmat serta karunia-Nya Sehingga saya dapat menyelesaikan tugas tentang Ilmu Sosial Dasar.
.           Tugas ini diajukan guna memenuhi tugas mata kuliah Ilmu Sosial Dasar Saya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu sehingga tugas ini dapat selesai tepat pada waktunya.
Mata kuliah Ilmu Sosial Dasar (ISD) merupakan mata kuliah analisis atas aneka fenomena sosial masyarakat dengan segala dinamika dan implikasinya dari sudut pandang kajian dasar falsafah keilmuan. Manusia sebagai makhluk sosial tentu tidak mungkin bisa memisahkan hidupnya dengan manusia lain. Sudah bukan rahasia lagi bahwa segala bentuk kebudayaan, tatanan hidup, dan sistem kemasyarakatan terbentuk karena interaksi dan benturan kepentingan antara satu manusia dengan manusia lainnya.
            Akhir kata Saya ucapkan terimakasih sebesar-besarnya kepada pembaca, dan memohon pintu maaf kepada para pembaca bila ada kesalahan baik dalam penulisan kata dan pengertian, karena yng salah datangnya dari saya, dan yang benar datangnya dari Allah SWT,  semoga Allah SWT  selalu memberikan umatnya petunjuk ke jalan yang benar, Amin.






1.    Hakekat mata kuliah ilmu sosial dasar dalam   perguruan tinggi
Ilmu sosial dasar adalah suatu ilmu yang dapat memberikan pengetahuan dasar tentang konsep – konsep yang dikembangkan untuk mengkaji gejala-gejala sosial agar daya tanggap, persepsi, penalaran masyarakat  dalam menghadapi lingkungan sosial dapat ditingkatkan sehingga kesadaran manusia pada lingkungan sosialnya dapat menjadi lebih besar, memperoleh pemikiran yang lebih luas, dan memiliki kepribadian yang diharapkan dari setiap masyarakat Indonesia, khususnya berkenaan dengan sikap tingkah laku manusia dalam menghadapi manusia-manusia lainnya, serta sikap dan tingkah laku manusia dalam menghadapi manusia lain terhadap manusia yang bersangkutan.
Ilmu sosial dasar membahas ilmu atau cara agar kita menjadi masyarakat yg sosial. Di Indonesia ini sistem pendidikannya masih tampak colonial, maksudnya sistem balas budi yg dilakukan pada saat pemerintahan belanda dahulu, sistem ini bertujuan agar manusia dididik untuk menjadi tukang tukang yang mengisi birokrasi mereka di bidang administrasi, perdagangan, teknik dan keahlian lain, dengan tujuan ekspoitasi kekayaan Negara.  Sistem pendidikan kita menjadi sesuatu yang “elite” bagi masyarakat kita sendiri, kurang akrab dengan lingkungan masyarakat, tidak mengenali dimensi – dimensi lain di luar disiplin ilmu yang dimilikinya. Perguruan tinggi seolah-olah menara gading yang banyak menghasilkan sarjana-sarjana “tukang” tidak mau dan peka terhadap denyut kehidupan, kebutuhan, serta perkembangan masyarakat.
Jangan dulu melihat dari dunia kerja, disaat masih belajar di dunia pelajar pun hingga jenjang perguruan tinggi masih bisa dilihat kesosialisasian yang buruk. Kepedulian antar teman dan kekompakan serta kedekatan kita dengan teman pun tidak seluruhnya baik, bahkan di saat memasuki jenjang menengah pertama hingga menengah atas kita bias melihat bahwa murid-murid antar sekolah melakukan pekerjaan yang tidak berkependidikan yaitu ‘tawuran”. Disini tampak murid-murid tidak memandang mereka sebagai satu masyarakat yang punya satu tujuan yang sama, namun mereka menampakan diri dengan kekerasan dan ketidakpedulian antar sesama. Maka dari itu ilmu sosial dasar diharapkan bias member kesadaran bagi masyarakat tentang kesosialisasian antar manusia
2.    Fungsi ilmu sosial dasar dalam perguruan tinggi
Memberikan pengetahuan agar dikembangkan untuk mengkaji gejala-gejala sosial kebudayaan agar daya tanggap, persepsi, dan penalaran mahasiswa dalam menghadapi lingkungan sosial budaya dapat ditingkatkan sehingga kepekaan mahasiswa pada lingkungannya menjadi lebih besar.
Untuk menjawab berbagai tantangan dan persoalan dalam kehidupan lahirlah berbagai cabang ilmu pengetahuan.Berdasarkan sumber filsafat yang dianggap sebagai ibu dari ilmu pengetahuan, maka ilmu pengetahuan dapat dikelompokan menjadi tiga :
  1. Natural sciences (ilmu-ilmu alamiah), meliputi: Fisika, Kimia, astronomi, biologi dll
  2. Sosial sciences (ilmu-ilmu social) terdiri dari: Sosiologi, Ekonomi, Politik antropologi, Sejarah, Psykologi, Geografi dll.
  3. Humanities (ilmu-ilmu budaya) meliputi: Bahasa, Agama, Kesusastraan, Kesenian dll.
         Mengikuti pembagian ilmu pengetahuan seperti tersebut diatas maka Ilmu Sosial Dasar dan Ilmu Budaya Dasar adalah satuan pengetahuan yang dikembangkan sebagai usaha pendidikan.
          Ilmu Sosial Dasar adalah pengetahuan yang menelaah masalah masalah sosial khususnya yang diwujudkan oleh masyarakat Indonesia dengan menggunakan pengertian pengertian (fakta, konsep teori) yang berasal dari berbagai bidang pengetahuan keahlian dalam lapangan ilmu ilmu social seperti: Sejarah, ekonomi, geografi social, Sosiologi, antropologi, psikologi sosial.
          Ilmu sosial dasar tidak merupakan gabungan dari ilmu sosial dasar yang dipadukan, karena ilmu sosial dasar tidak memiliki objek dan metode ilmiah tersendiri dan juga ia tidak mengembangkan suatu penilitian sebagaimana suatu disiplin ilmu seperti ilmu-ilmu sosial diatas.
          Ilmu sosial dasar merupakan suau bahan studi atau program pekerjaan yang khusus dirancang untuk kepentingan atau pengerjaan yang di Indonesia diberikan di perguruan tinggi.
3.    Perbedaan dan persamaan antara ilmu sosial dasar dengan ilmu pengetahuan social
Persamaan          :
  • merupakan bahan studi untuk kepentingan program pendidikan maupun pengajaran.
  • bukan disiplin ilmu yang berdiri sendiri
  • mempunyai materi yang terdiri dari kenyataan sosial dan masalah sosial
Perbedaan          :
  • ISD diberikan di Perguruan Tinggi, IPS diberikan di Sekolah Dasar dan Sekolah Lanjutan
  • ISD merupakan satu mata kuliah tunggal, IPS merupakan kelompok dari sejumlah mata pelajaran (untuk sekolah lanjutan)
  • ISD diarahkan kepada pembentukan sikap dan kepibadian, IPS diarahkan kepada pembentukan pengetahuan dan ketrampilan intelektual.

4.    Hubungan/kolerasi dari mata kuliah ilmu sosial dasar dengan jurusan teknik industri
Jurusan Teknik Industri bertujuan membentuk sarjana berkemampuan tinggi dalam perencanaan, penyususnan fisik, perbaikan dan pengoperasian sistem-sistem integral yang terdiri dari manusia, peralatan, bahan-bahan, uang informasi dan energi.  Dalam pelaksanaannya diperlukan hubungan yang sangat penting dengan masyarakat. Untuk terjalinnya hubungan yang baik itu diperlukan ilmu yang tentu nya dipelajari dari proses belajar di perguruan tinggi. Ilmu sosial dasar adalah ilmu yang sangat tepat untuk memberikan pemahaman kepada mahasiswa bahwa industri dan masyarakat harus selalu berdampingan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar